PT. BANDUNG SCIENTIFIC TECHNICAL INDONESIA
SHARE :

6 Cara Merawat Organ Pernafasan

8
03/2021
Kategori : Uncategorized
Komentar : 0 komentar
Author : admin


  1. Hindari Rokok Rokok adalah penyebab utama kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Paparan asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan menghambat kelancaran pernapasan. Dalam jangka pendek, paparan asap rokok bisa memicu peradangan sampai bronkitis kronis. Seiring berjalannya waktu, asap rokok juga bisa merusak jaringan paru-paru dan menyebabkan kanker.
  2. Minimalkan Paparan Populasi Tak hanya asap rokok, paparan populasi seperti bahan kimia berbahaya seperti asap kendaraan, polusi, dan radon juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Polutan dapat merusak saluran udara, bagian dari organ pernapasan. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan masker di tempat yang rentan banyak polutan. Selain itu, buat sirkulasi udara di rumah selalu sehat dengan memaksimalkan ventilasi udara dan pastikan rumah bebas radon.
  3. Cegah Infeksi Organ Pernafasan mencegah infeksi. Infeksi pada saluran pernapasan bisa menimbulkan komplikasi serius. Ada beberapa cara untuk mencegah infeksi organ pernapasan, antara lain: Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun Jaga jarak dengan orang lain apabila berada di keramaian Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan periksa kesehatan mulut setidaknya enam bulan sekali Cegah penyakit pernapasan dengan vaksinasi Jika sakit, tinggal di rumah dan gunakan masker Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, termasuk mengecek kondisi paru-paru.
  4. Olahraga Rutin Jaga kesehatan secara keseluruhan termasuk organ vital paru-paru dengan rutin berolahraga. Melansir Healthline, olahraga dapat memperkuat jantung sekaligus paru-paru. Saat berolahraga, seseorang memompa jantung dan paru-paru lebih keras. Tubuh pun jadi menghirup lebih banyak oksigen. Dengan begitu, paru-paru akan mengedarkan lebih banyak oksigen ke tubuh.
  5. Tarik Nafas Dalam Dalam Kebiasaan menarik napas dalam-dalam juga bisa menjadi salah satu cara merawat organ pernapasan. Saat menarik napas pendek-pendek, tubuh hanya menggunakan sebagain kecil paru-paru. Udara yang keluar biasanya juga hanya berasal dari dada, belum dari perut. Sebaliknya, pernapasan dalam dapat membantu tubuh mengoptimalkan pembersihan udara kotor dan produksi oksigen dalam paru-paru. Agar bisa rutin melakukan pernapasan dalam, Anda bisa berlatih dengan cara menghitung saat bernapas. Tak hanya merawat organ pernapasan, menarik napas dalam-dalam juga membuat tubuh rileks dan tidak stres.
  6. Jaga Pola Makan Sehat Menjaga pola makan bergizi lengkap dan seimbang termasuk bagian dari cara merawat organ pernapasan dan kesehatan secara keseluruhan. Upayakan selalu makan makanan bergizi, termasuk memasukkan sayur, buah, dan air putih. Makanan sehat seperti sayur dan buah dapat memasok nutrisi yang bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Sumber : 6 Cara Merawat Organ Pernapasan Agar Tetap Sehat Halaman all – Kompas.com

Berita Lainnya

30
03/2021

Author : admin
10
03/2021
DERMATOLOGY
Author : admin
9
03/2021
ANESTHESIA
Author : admin
8
03/2021


Tinggalkan Komentar